Pada umumnya, anak-anak berusia 0-5 tahun sangat aktif bergerak ke sana kemari. Mereka biasanya tertarik dengan hal-hal baru yang dianggap menarik. Hal ini tentunya baik untuk perkembangan fisik dan mentalnya.

Demi Keselamatan Anak, Perhatikan 3 Area Ini di Rumah

Namun sebagai orang tua, terkadang hal tersebut membuat was-was karena anak-anak bisa saja melakukan sesuatu yang tidak benar atau berbahaya. Untuk itu, orang tua selalu berusaha mengawasi anak-anak di dalam berbagai kesempatan.

Baca Juga : Jadi Orangtua Kreatif di Pesta Ulang Tahun si Buah Hati

Nah, untuk mencegah terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan dan mengancam keselamatan anak, berikut ada beberapa area di rumah yang sebaiknya diperhatikan para orang tua, yakni:

Kamar Tidur

Bagi yang menyediakan kamar tidur khusus untuk anak, sebaiknya perhatikan kondisi kamarnya setiap hari. Selain sebagai tempat beristirahat, kamar terkadang jadi tempat bermain anak. Untuk itu, jika banyak mainan berserakan di lantai kamar dan barang-barang lainnya yang berantakan di area kamar, bereskan semuanya itu agar anak tidak tergelincir. Selain itu, pastikan tidak ada barang atau furnitur yang memiliki bagian tajam yang diletakkan di dalam kamar.

Jendela

Jendela-jendela yang posisinya tinggi mungkin akan sulit dijangkau oleh anak-anak. Namun jika posisi jendelanya rendah, maka pastikan anak tidak bisa membukanya; karena khawatirnya anak-anak akan bermain di jendela dan terjatuh. Ini bisa mengancam nyawa sang anak.

Untuk mencegahnya, sebaiknya tidak ada furnitur seperti meja yang diletakkan di dekat jendela, sehingga anak tidak bisa memanjat meja dan menggapai jendela.

Tangga

Tangga rumah menjadi area yang berbahaya jika anak-anak bermain naik-turun tangga. Apalagi anak kecil terkadang kurang hati-hati, dan jika terjatuh maka bisa mengancam keselamatannya. Oleh sebab itu, jika anakmu belum lancar berjalan, pastikan dia tidak bermain di tangga dan tidak dibiarkan naik-turun tangga seorang diri.


EmoticonEmoticon