Saat ini memang sudah ada banyak sekali jenis sabun bayi yang bisa dipilih. Mulai dari sabun aroma khusus, memberikan rasa lembut, hingga sabun bayi tidak pedih dimata, dan banyak lainnya. Belum lagi sabun bayi dengan berbagai merk berbeda. Baik itu merk lokal hingga merek yang berskala internasional. Namun dari sekian banyak jenis sabun bayi ini, mana yang terbaik? Sabun bayi seperti apa yang terbaik untuk bayi baru lahir hingga berusia 1 bulan?

Sabun Terbaik untuk Bayi Usia 1 Bulan

Memilih sabun untuk bayi berusia 1 bulan memang gampang-gampang susah. Sabun lembut untuk bayi ini seharusnya memiliki beberapa ciri tertentu yang menjadikannya terbaik. Di bawah ini merupakan beberapa cirinya.

1. Tak memiliki kandungan bahan berbahaya

Jangan salah. Ketika memilih sabun bayi pun kamu juga wajib memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Banyak sekali merk sabun bayi ternama yang memiliki kandungan berbahaya. Kandungan berbahaya ini mulai dari paraben yang merupakan bahan pengawet berbahaya. Selain itu juga kandungan pewangi pada sabun bayi serta alkohol.

Kandungan berbahaya ini tak hanya bisa menyebabkan masalah kulit serius. Namun juga menjadi penyebab munculnya iritasi dan rasa gatal pada bayi. Jadi baiknya kamu pastikan terlebih dulu sabun mandi bayi ini yang mau kamu beli tak mengandung zat berbahaya tadi.

2. Kandungan pH

Sabun lembut untuk bayi seharusnya memiliki pH seimbang. Hal ini memang jarang menjadi perhatian ketika memilih sabun untuk dewasa. Bahkan juga untuk sabun anak-anak. Bayi yang baru berusia 1 bulan memiliki pH sekitar 5,5. Ini berarti kulit bayi dalam keadaan lebih asam dari pada dewasa yang memiliki pH netral 7. Keadaan inilah yang menyebabkan kulit bayi mudah iritasi ketika menggunakan sabun dengan pH lebih asam atau pun basa.

Baca Juga : Begini Cara Ampuh Supaya Anak Anda Mau dan Rajin Belajar

Menariknya, mayoritas sabun komersil saat ini memiliki pH 8 hingga 9. Tentu saja sabun ini jauh lebih basa untuk kulit bayi yang asam. Sabun dengan pH basa ini memang lebih efektif membersihkan kotoran pada kulit. Namun di saat yang sama memberikan rasa kesat dan tertarik sehingga menjadikan kulit bayi lebih mudah iritasi.

Jadi sebaiknya perhatikan dan pilih sabun bayi dengan pH yang sesuai untuk si kecil.


EmoticonEmoticon