Semarang merupakan salah satu kota di Jawa tengah yang sekaligus memiliki peran sebagai ibu kota dari propinsi tersebut. Selain dikenal dengan slogan ATLAS, kota Semarang juga memiliki sejuta pesona wisata yang mengandung banyak nilai sejarah didalamnya. Tidak hanya menjadi saksi atas perjuangan masyarakat Semarang dalam melawan penjajahan, bangunan-bangunan peninggalan sejarah di Kota Semarang pun memiliki nilai arsitektur yang tinggi, sehingga semakin menambah daya tarik tempat tersebut untuk dikunjungi. Bagi Anda masyarakat Indonesia yang memang belum mengenal tempat wisata bersejarah di kota Semarang, berikut ini bahasan mengenai beberapa tempat wisata tersebut yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi:

  • Lawang Sewu
Gedung kota yang terletak dikawasan jantung kota Semarang ini, dulunya merupakan kantor perkeretaapian di Indonesia, yang kini banyak dijadikan destinasi wisata utama di kota Semarang. Bangunan kuno ini memiliki ciri arsitektur yang indah dan unik, dimana didalam gedung yang satu ini nantinya Anda akan dapat menemukan banyak pintu pada setiap ruangannya. Banyaknya pintu yang sulit dihitung secara kasat mata inilah, yang kemudian mendasari penamaan gedung ini menjadi Lawang Sewu, yang berarti pintu seribu. Di daerah sekitar gedung ini, nantinya Anda juga dapat menemukan bangunan bersejarah lainnya seperti monumen Tugu Muda dan museum Mandala Bhakti.

  • Kawasan Kota Lama
Kawasan ini tidak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia saja, namun masyarakat luar negeri pun banyak mengenal kawasan ini, karena memang didalam kawasan ini banyak bangunan peninggalan sejarah yang memiliki nilai arsitektur yang tinggi. Bangunan-bangunan sejarah dikawasan kota lama ini, sejatinya sampai saat ini masih banyak digunakan sebagai gedung perkantoran dan pusat bisnis lainnya, sehingga semakin menambah keunikan dalam kawasan ini. Anda juga dapat menemukan bangunan unik, yang dijadikan sebagai tempat ibadah, yaitu gereja Blenduk.

  • Klenteng Sam Poo Kong
Klenteng terbesar di kota Semarang ini merupakan klenteng peninggalan Laksamana Cheng Ho, yang merupakan pelaut ulung dari Cina. Yang menjadikan klenteng ini unik adalah sejarah yang ada didalamnya. Klenteng yang satu ini pada awal mulanya merupakan sebuah bentuk bangunan masjid yang dibangun oleh Laksamana Cheng ho, yang terdampar dikawasan Simongan Semarang. Namun seiring dengan berjalannya waktu, tempat tersebut pun berubah menjadi tempat peribadatan umat Khong Hu Cu, dan juga mulai banyak dijadikan sebagai tempat kunjungan wisata yang menarik.

Selain ketiga tempat tersebut diatas, Anda masih dapat menemukan tempat-tempat wisata di kota Semarang, yang banyak mengandung nilai sejarah serta memberikan pengaruh cukup besar pada perubahan kota Semarang. Bagi Anda yang memang ingin melakukan kunjungan wisata ke kota Semarang dan belum begitu memahami mengenai kota yang satu ini, Ada baiknya jika Anda menanyakan terlebih dahulu berbagai informasi wisata kota ini, pada pusat informasi wisata yang terdapat dikawasan jalan Pemuda.


EmoticonEmoticon