Dewasa ini masyarakat Indonesia mulai merasa bahwa mobil merupakan kendaraan yang sangat nyaman dan sesuai dengan kebutuhan mereka, terutama jika dipergunakan dalam suatu keluarga. Meski pun di kota besar seperti Jakarta menggunakan mobil akan lebih merugikan mengingat jalanan ibu kota selalu dipenuhi dengan kemacetan, namun hal tersebut tidak membuat minat masyarakatnya menurun dan tidak menggunakan kendaraan tersebut. Mereka pastinya memperhatikan berbagai hal yang berkaitan dengan kendaraan tersebut, termasuk dengan merawat berbagai bagian dari mobil. Untuk dapat berjalan dengan baik, tentunya mobil menggunakan berbagai jenis mesin yang sangat canggih. 
 Gambar terkait
 
Pastinya mesin mobil yang dalam keadaan baik lebih disukai oleh masyarakat Indonesia. Namun, Anda sebagai pemilik mobil harus mengetahui jika adanya kerusakan atau masalah yang dialami mesin tersebut meski pun sudah dirawat dengan baik. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui beberapa tanda-tanda yang menunjukkan bahwa mesin sedang tidak dalam kondisi prima dan harus segera dibawa ke ahlinya, seperti:

  • Bergetar

Tanda pertama yang harus Anda waspadai sebagai penanda bahwa mesin sedang tidak dalam keadaan baik jika terasa bergetar yang sudah tidak sewajarnya. Mungkin sebagian besar dari pengendaranya tidak menganggap hal ini sebagai sebuah masalah, namun jika dibiarkan begitu saja tanpa diperbaiki, maka hal ini dapat membahayakan mobil kesayangan Anda. Bagian yang paling bisa Anda jadikan sebagai penanda mesin bergetar adalah kaca spion. Jika bagian tersebut bergetar ketika Anda menyalakan mesinnya, maka segeralah membawanya kepada ahlinya.

  • Kinerja Transmisi Menurun

Anda juga patut untuk curiga bahwa mesin sudah tidak prima lagi jika mengalami beberapa masalah atau kendala pada transmisi mobil. Biasanya, transmisi mobil akan menurun kinerjanya dan membuat para pengendaranya pun tidak merasa nyaman ketika menggunakannya. Jika hal ini terjadi, segeralah membawanya kepada sang ahli, karena bisa saja terjadi masalah pada bagian karet dudukan dari mesin. Hal ini biasanya terjadi jika karet tersebut dipasang dengan posisi yang tidak benar atau tidak sempurna.

  • Kinerja Mesin Tidak Maksimal

Selanjutnya, tanda yang juga memberitahukan bahwa ada masalah yang terjadi pada mesin adalah dengan kinerja dari mesin tersebut menurun atau tidak dapat dipergunakan secara maksimal. Hal ini tentunya sangat jelas jika Anda harus memeriksa setiap bagian dari mesinnya dan menemukan sumber masalahnya. Jika tidak dapat menemukannya, Anda bisa membawanya ke bengkel langganan yang terpercaya.

  • Bising

Mesin mobil yang mengeluarkan suara bising juga dapat Anda jadikan acuan sebagai mesin yang tidak sehat. Biasanya suaranya akan terdengar kecil, namun jika didiamkan begitu saja, maka suaranya pun akan semakin mengeras, bahkan dapat terdengar hingga bagian dalam mobil tersebut. Jika terjadi hal demikian, maka tidak ada salahnya jika Anda sesegera mungkin membawanya kepada ahlinya untuk diperbaiki dan masalah tersebut tidak merambat ke bagian lain.


EmoticonEmoticon