Dalam mencapai kesuksesan, tentu saja kita akan dihadang oleh berbagai masalah yang timbul, misalnya saja karena faktor keuangan. Hal ini sering terjadi pada calon wirausaha yang ada di Indonesia, yang dimana mereka ingin membuka sebuah usaha atau bisnis, namun dana sebagai modal usaha yang menjadi kendala terbesar mereka. Namun, saat ini masyarakat Indonesia sudah tidak perlu lagi merasa kesulitan untuk mendapatkan dana tersebut. Beberapa lembaga keuangan seperti bank sekarang ini telah menciptakan suatu fasilitas, dimana mereka akan dimudahkan dalam hal peminjaman dana atau uang dalam jumlah besar. Memang fasilitas ini sudah ada sejak lama, namun tentunya pada zaman dulu, meminjam uang memerlukan berbagai persyaratan yang cukup rumit, dimana persyaratan tersebutlah yang menggetok mundur para calon wirausaha Indonesia. Sekarang ini, Anda sudah bisa meminjam dana melalui bank dengan begitu mudah, misalnya saja meminjam tanpa agunan. Anda bisa memenuhi beberapa persyaratan yang terbilang mudah ini:


1. Identitas Diri

Jika Anda ingin mengajukan segala sesuatu di bank, tentu Anda harus menyertakan data diri atau kartu identitas diri yang biasanya disebut sebagai KTP. Pastinya hal ini menjadi yang terpenting dan tidak boleh sampai lupa Anda sertakan. Pastikan juga jika alamat yang tercantum dalam identitas diri sama seperti alamat yang Anda tinggali sekarang. Jika alamatnya berbeda, Anda diharuskan untuk menyertakan surat keterangan tinggal yang dikeluarkan oleh kelurahan sekitar. Jika Anda sudah menikah, maka diwajibkan untuk menyertakan juga KTP pribadi dan pasangan sebagai tanda bahwa pasangan sudah mengetahui akan pinjaman tersebut.


2. KK

Selain KTP, KK juga menjadi sebuah persyaratan yang wajib untuk disertakan saat mengajukan segala sesuatu, terutama jika mengajukan pinjaman di bank. Hal ini berguna agar pihak dari bank mengetahui seberapa banyak anggota keluarga yang harus ditanggung oleh sang calon peminjam. Pihak bank akan memperkirakan apakah Anda akan sanggup membayar cicilannya atau tidak. Jika terlalu banyak yang ditanggung, biasanya pihak bank akan merasa ragu untuk memberikan pinjaman tersebut.

3. Buku Tabungan

Anda juga harus menyertakan riwayat rekening selama 3 bulan yang dicetak pada buku tabungan Anda. Hal ini akan menunjukkan kemampuan finansial Anda. Selain itu, melihat angka saldo yang dimiliki juga dapat dijadikan sebagai patokan apakah Anda memiliki kesanggupan untuk membayar cicilan nantinya atau tidak. Hal ini pastinya merupakan syarat yang diterapkan oleh hampir seluruh bank Indonesia.


4. Slip Gaji

Beberapa bank di Indonesia juga akan meminta Anda untuk menyertakan slip gaji ketika akan mengajukan pinjaman dana. Pihak bank pastinya akan lebih mudah untuk memberikan putusan mengenai memberikan pinjaman atau tidak dari melihat jumlah pendapatan yang Anda dapat pada setiap bulannya. Hal ini sangat jelas menunjukkan kemampuan finansial Anda, apakah nantinya dapat mengembalikannya lagi atau tidak.



EmoticonEmoticon