Sebagian besar masyarakat Indonesia pastinya sudah mengetahui bahwa otak menjadi salah satu organ tubuh yang paling penting, dimana memiliki fungsi sebagai pengatur tubuh dan segala hal yang ada di dalam tubuh manusia. Organ ini juga bekerja dalam membuat sebuah gerakan, kemampuan mengingat, merasakan berbagai macam emosi serta menjaga kesehatan manusia juga. Pastinya setiap dari kita tidak ada yang ingin jika organ ini memiliki masalah sekecil apa pun karena dapat memberikan dampak yang begitu besar pada tubuh manusia. Namun, tanpa Anda sadari, sering kali kita tidak menjaga organ tersebut dengan benar dan membuatnya memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena berbagai masalah. Mungkin Anda tidak pernah berpikir bahwa beberapa kebiasaan yang kerap Anda lakukan setiap harinya dapat membuat resiko munculnya masalah pada otak semakin tinggi. Oleh karena itu, ketahuilah beberapa kebiasaan yang dapat merusak sistem dan juga kinerja organ penting tersebut ini:


1. Tidak Sarapan

Kebiasaan pertama yang cukup sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah melewatkan sarapan. Jika melewatkannya, maka Anda pun akan kekurangan energy yang dimana dapat membuat konsentrasi dan juga memori menurun, membuat suasana hati menjadi tidak menentu, serta juga dapat menurunkan kinerja Anda. Jika terus dilakukan, maka hal ini akan membuat kadar gula darah menjadi rendah sehingga otak pun akan kekurangan gizi. Kebanyakan dari mereka yang tidak sarapan memiliki resiko terkena stroke dan darah tinggi lebih besar.


2. Kebanyakan Makan
Siapa yang tidak suka makan, pastinya hampir semua masyarakat Indonesia menyukai kegiatan tersebut. Namun siapa sangka ternyata kebanyakan makan juga dapat membuat otak mengalami masalah. Hal ini dikarenakan adanya lemak dan juga arteri serebral yang mengeras jika Anda makan berlebihan yang membuat mental semakin menurun. Jika terus dilakukan, maka hal ini dapat membuat resiko kerusakan otak yang lebih besar. Untuk itu, makanlah dengan porsi normal yang sesuai dengan kapasitas perut saja.


3. Kurang Tidur

Banyak anak muda yang beranggapan jika malam merupakan waktu yang tepat untuk mereka bermain serta bersenang-senang. Namun hal tersebut tentunya adalah salah, jika terlalu banyak bermain pada malam hari akan membuat waktu tidur menjadi berkurang. Jika Anda kurang tidur, hal ini ternyata membuat sel pada otak lebih cepat mati dan membuat Anda lebih mudah merasa lelah serta memiliki suasana hati yang tidak menentu setiap harinya.


4. Saat Tidur Menutup Kepala

Hampir semua posisi tidur memberikan dampak yang baik untuk Anda. Namun, pastikan untuk tidak menutupi kepala Anda dengan benda apa pun. Hal ini dapat membuat konsentrasi dari karbon dioksida menjadi meningkat dan akhirnya membuat kadar oksigen yang ada pada otak semakin menurun. Pastinya hal ini akan sangat berbahaya untuk kesehatan otak Anda, lebih baik tidak menutupinya dengan apa pun.



EmoticonEmoticon