Dibandingkan dengan menjual produk yang sudah ada, memang membuat inovasi baru jauh lebih memberikan peruntungan bagi Anda ketika akan memulai sebuah bisnis. Karena dengan menjual barang yang berbeda atau unik ini membuat Anda akan terhindar dari resiko kompetitor, paling tidak memang belum ada yang ikut serta dalam menjual barang serupa. Namun juga demikian terkadang untuk menawarkan produk inovasi terbaru kepada konsumen juga tak semudah yang dibayangkan.
Hasil gambar untuk strategi penjualan

Konsumen cenderung lebih senang dengan produk-produk lama dan masih enggan untuk memakai yang baru karena terkadang meragukan kualitasnya. Lalu bagaimana caranya agar produk baru yang Anda jual tersebut bisa lebih mudah diterima dan digunakan oleh konsumen, maka ketahui beberapa tips berikut ini, yaitu:

  1. Iklan, iklan menjadi salah satu metode yang paling banyak digunakan oleh pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk mereka kepada konsumen. Hanya saja untuk perusahaan yang baru terkadang beriklan di media televisi ataupun koran memakan biaya yang terlalu mahal, sebagai alternatif maka dapat mencoba beriklan lewat internet yang biayanya memang jauh lebih kecil.
  2. Tunjukkan keunggulan produk Anda, agar produk yang dijual bisa dengan mudah diterima oleh calon konsumen, tentunya Anda harus memberitahu apa saja keunggulan dari produk tersebut jika dibandingkan dengan yang sudah ada sebelumnya. Dengan demikian nantinya konsumen juga akan pikir-pikir kembali untuk membelinya.
  3. Berikan harga yang lebih terjangkau, istilahnya adalah promo khusus, biasanya produk-produk baru cenderung mematok harga jual barang yang lebih murah dibandingkan dengan yang sudah lama dan juga terkenal, padahal kualitasnya bisa dikatakan jauh lebih baik. Tak lain hal ini ditujukan untuk membuat target market mau mencoba produk tersebut, setelah dicoba dan ternyata bagus, maka biasanya mereka akan membeli lagi.
  4. Berilah tester, untuk beberapa jenis produk layaknya makanan, maka tester ini memiliki peran yang sangat penting untuk menarik konsumen, karena mereka cenderung akan datang setelah merasakan makanan tersebut enak. Sehingga tak ada salahnya keluar uang sedikit lebih banyak untuk marketingnya, namun bisa menggaet lebih banyak pelanggan.
  5. Berikan pelayanan terbaik dan juga berbeda, agar konsumen yang sudah datang ke toko Anda nantinya datang kembali, pelayanan adalah hal yang harus dioptimalkan, pastikan untuk melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya.

Hal yang nampaknya mudah, namun memang sangat sulit untuk dilakukan, inilah kelemahan menciptakan produk baru, namun juga jangan khawatir, karena barang yang dijual tersebut baru dan juga unik, terkadang jika sukses Anda lah yang menjadi pelopornya. Sehingga kedepannya bisa lebih memperluas jaringan usaha tersebut. Inovasi semacam ini sangat dibutuhkan agar konsumen bisa pilah-pilih produk terbaru yang mereka inginkan.


EmoticonEmoticon