Untuk para mahasiswa atau mungkin pegawai kantoran awal bulan agaknya jadi sebuah surga karena baru saja gajian, ada banyak hal yang ingin dilakukan setelah menerima uang gaji ini, mulai diantaranya adalah belanja sepuasnya, makan-makanan enak hingga jalan-jalan, namun juga tak bisa dipungkiri jika seandainya semakin banyak digunakan untuk kebutuhan yang tak perlu terkadang membuat Anda akan mengalami krisis di akhir bulan. 

Hasil gambar untuk tips irit
 
Krisis di akhir bulan agaknya sudah menjadi hal yang biasa terjadi, namun berbeda ceritanya jika masih di tengah bulan Anda sudah memiliki masalah keuangan semacam itu. Jangankan memikirkan uang untuk kebutuhan shopping atau sejenisnya, terkadang untuk kebutuhan yang paling vital seperti makan saja kurang. Sehingga akibatnya sering kali menyebabkan diantaranya harus berhutang, padahal sebenarnya jatah bulanan atau gaji yang diterima sudah terbilang besar, namun tetap minus jatuhnya.

Untuk itulah agar terhindar dari yang namanya krisis akhir bulan, apalagi kondisi semacam minus atau banyak berhutang, maka berikut ini agaknya ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mencegahnya, yaitu:

  1. Buat dua buah rekening, satu diantaranya adalah rekening untuk tabungan, sementara satu rekening lainnya adalah rekening untuk kebutuhan Anda artinya yang sering di gesek-gesek. Dengan hal ini paling tidak meskipun jumlahnya tak begitu besar, namun Anda tetap bisa menyisihkan sebagian uang dari gaji untuk tabungan.
  2. Penuhi kebutuhan paling pokok terlebih dahulu, mulai diantaranya adalah membayar tagihan listrik, air dan tak kalah penting adalah dengan membeli sembako, contohnya adalah beras, mie instan, minyak goreng, telur dan sejenisnya, jika kebutuhan semacam ini sudah terpenuhi sebelumnya, akan mempermudah Anda di tengah atau akhir bulan untuk tetap makan secara layak.
  3. Lebih aman untuk membawa uang tunai ketika berbelanja jika dibandingkan dengan kartu kredit atau ATM, karena sering kali secara tidak Anda sadari jumlah yang digunakan atau ditarik benar-benar bear jadi mudah habis. Namun berbeda dengan uang tunai, karena pastinya Anda bisa lebih mudah membatasi jumlah pengeluaran sesuai dengan nilai uang yang dibawa tersebut.
  4. Pastikan untuk rajin olahraga dan mengatur pola makan, istilah lainnya adalah menjaga kesehatan, patut untuk diketahui bahwa biaya berobat semakin kesini semakin mahal, apalagi bagi Anda yang tidak memiliki kartu asuransi kesehatan. Untuk itu pola makan hingga aktivitas olahraga harus selalu dijaga dengan baik.
  5. Banyak barang-barang bagus di dalam rumah dan tak terpakai, maka jangan biarkan hanya menjadi sampah atau pajangan di rumah saja, lebih baik menjualnya dengan sistem garage sale, karena lumayan digunakan sebagai tambahan pemasukan keluarga.

Pastikan untuk mencobanya agar terhindari krisis keuangan di tanggal tua.


EmoticonEmoticon