India merupakan kawasan pertemuan berbagai budaya di dunia. Selain itu India juga merupakan tempat dilahirkannya beberapa agama dengan penganut terbanyak di dunia. Tidak heran, jumlah agama yang berkembang di India saat ini sangatlah banyak. Sebagai ibu kota negara, New Delhi pun memiliki beragam agama yang hidup beriringan. Hal ini ditandai dengan banyaknya tempat-tempat peribadatan yang tersebar di seluruh kota.

Beberapa tempat peribadatan ini pun terbuka untuk para wisatawan, namun tetap harus menjaga norma kesopanan dan kesusilaan karena bagaimanapun juga ini merupakan tempat suci bagi para penganutnya. Berikut beberapa tempat religius di New Delhi yang patut Anda kunjungi.

Merasakan Pengalaman Spiritual yang Unik di New Delhi


  1. Kalkaji Mandir

Kalkaji Mandir adalah komplek kuil berukuran besar yang digunakan untuk pemujaan Dewi Kali. Dewi Kali adalah istri dari Dewa Siwa dan melambangkan kematian. Para pemuja dapat membawa persembahan-persembahan yang ditujukan kepada Dewi Kali. Bentuk kuil yang melingkar membuat komplek kuil Kalkaji Mandir sebagai salah satu unik bagi wisatawan. Selain bisa mengagumi arsitekturnya, para pengunjung dapat menyaksikan langsung prosesi ibadah yang dilakukan oleh masyarakat setempat.


  1. The Lotus Temple

Tidak jauh dari komplek kuil Kalkaji Mandir terdapat kuil berukuran besar dengan desain modern yang dikelilingi oleh kolam-kolam jernih. Kuil ini bernama Lotus Temple atau Kuil Teratai. Sesuai dengan namanya, kuil ini dirancang menyerupai bunga teratai yang sedang mekar di atas air yang tenang. Kuil ini merupakan tempat peribadatan kepercayaan Baha’i, yaitu kepercayaan monotoisme yang memadukan esensi dari semua agama samawi.

Kepercayaan Baha’i meyakini bahwa cinta kasih kepada sesama manusia adalah yang utama, sehingga semua agama, ras, suku, dan kasta melebur menjadi satu kesatuan. Prinsip ini tercermin dengan dibukanya Lotus Temple untuk semua orang dengan berbagai latar belakang dan agama. Selain kuilnya sendiri, Lotus Temple juga memiliki taman raksasa yang cocok untuk digunakan bersantai menikmati senja.

  1. Chhatarpur Temple

Chhatapur Temple atau kuil Chhatapur adalah komplek pemujaan Dewi Durga dalam wujud Katyayani. Dibangun oleh Baba Sant Nagpal Ji pada tahun 1974 dengan gaya arsitektur India Selatan membuat kuil ini berbeda dengan kuil-kuil lain di India Utara. Membentang seluas 24 hektar membuat komplek kuil ini menjadi yang terbesar kedua di dunia.

  1. Qutub Minar

Qutub Minar adalah sebuah menara batu berwarna merah setinggi 73 meter yang dahulu digunakan untuk mengumandangkan azan. Menara ini adalah bangunan batu pasir merah tertinggi di dunia. Menara ini terletak di komplek Qutb, yaitu sebuah komplek masjid yang berkembang pada masa Kesultanan Delhi di abad ke-12.

Di dekat menara ini Anda dapat menemukan masjid tertua di New Delhi yaitu Masjid Quwwat-ul-Islam atau juga dikenal sebagai Masjid Besar Delhi. Di Komplek Qutb ini Anda juga dapat melihat Pilar Besi Delhi, yaitu sebuah tiang besi yang berdiri tegak selama lebih dari 1.600 tahun tanpa ditemukan adanya kerusakan atau karat sedikitpun.

Kini Komplek Qutb memang tidak lagi digunakan sebagai tempat ibadah, namun Anda masih bisa merasakan nuansa spiritual yang dimiliki Qutub Minar sekaligus menyaksikan langsung kehebatan arsitektur dan metalurgi India kuno.

  1. The Gurdwara Bangla Sahib

Selain Hindu dan Islam, Sikh juga merupakan kepercayaan terpopuler di India. Oleh karena itu, wajar kiranya apabila New Delhi memiliki beberapa gurdwara, yaitu tempat ibadah bagi penganut kepercayaan Sikh. Pada awalnya, gurdwara ini merupakan bungalow Raja Jai Singh sebelum digunakan oleh Sikh Guru ke-8, Guru Har Krishan, sebagai tempat tinggal selama ia mengunjungi Delhi pada abad ke-17. Dalam komplek gurdawara ini, Anda dapat menemukan kolam raksasa yang dianggap memiliki kekuatan penyembuhan, sekolah, galeri kesenian, dan dapur raksasa yang menyediakan makanan vegetarian gratis kepada semua pengunjung.

Agama merukan hal yang mengakar kuat di Delhi. Ajaran-ajaran agama tidak hanya terjalin dalam interaksi sosio ekonomi masyarakatnya tetapi juga ke perkembangan teknologi pembangunan. Hasilnya adalah artefak-artefak keagamaan sarat akan ilmu pengetahuan yang masih dapat digali hingga saat ini.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan situs-situs bersejarah di dunia modern, tidak perlu khawatir karena penerbangan ke New Delhi terbilang cukup banyak dan cukup eksklusif. Anda dapat menggunakan maskapai Qatar Airways yang terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.


EmoticonEmoticon