Di era moderen ini, kemajuan teknologi semakin berkembang pesat. Termasuk dalam dunia otomotif, ada banyak sekali perusahaan yang terus memproduksi dan merilis kendaraan jenis terbarunya dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang semakin canggih. Hal ini tentu saja berhasil menarik minat para pecinta otomotif yang selalu menantikan setiap inovasi terbaru dari jenis kendaraan yang dipakai, misalnya mobil. Akan tetapi, saat ini masih ada sebagian orang yang masih mencari bahkan gemar mengoleksi mobil-mobil tua keluaran beberapa tahun silam. Hal ini dikarenakan para pemilik mobil tua tersebut tidak terlalu mementingkan sisi teknologi, namun lebih kepada nilai estetika atau keunikan mobil tua yang dimilikinya. 
 

Namun sesuai dengan sebutannya mobil tua sudah pasti memiliki jenis mesin yang sudah tua juga. Oleh karena itu, jika Anda termasuk salah satu pemilik mobil tua, maka Anda harus bisa merawatnya secara khusus dan tidak seperti mobil-mobil pada umumnya. Sebenarnya perawatan jenis mobil ini tidak terlalu sulit, hanya saja mobil tua memerlukan perhatian yang lebih besar supaya bisa terus digunakan dengan baik. Akan tetapi, sekarang Anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan kita bahas bagaimana cara merawat mobil tua yang paling benar supaya bisa awet, antara lain:

  1. Lakukan pengecekan mesin mobil dengan teratur. Mesin mobil tua biasanya akan lebih rentan rusak dan mogok, oleh karena itu Anda harus rutin melakukan pengecekan dan tune up dengan rutin.
  2. Penggantian oli dan bahan bakar. Mesin mobil tua akan membutuhkan asupan pelumas oli yang lebih banyak supaya performanya tetap terjaga. Sebaiknya Anda mengganti oli setiap pemakaian maksimal 2500 km dan memilih jenis bahan bakar yang lebih berkualitas untuk menjaga mesin mobil Anda.
  3. Periksa bagian ring, kabel dan karet penyangga. Memperhatikan beberapa komponen penting seperti kabel, ring dan karet penyangga juga dapat meminimalisir konsleting mesin yang dapat menyebabkan mobil tua Anda menjadi mogok.
  4. Mengecek velg dan ban secara rutin. Ban dan velg adalah komponen penting yang harus Anda periksa secara rutin. Jika sudah waktunya untuk mengganti kedua komponen ini, maka Anda tidak boleh menundanya karena bisa berakibat bahaya.

Selain beberapa cara merawat di atas, Anda juga harus membersihkan mobil tua Anda secara teratur ke setiap bagian mobil supaya nilai estetika dan keunikan mobil tua Anda tetap terjaga. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan cairan khusus pencuci mobil untuk menjaga warna asli mobil tua yang Anda miliki supaya tidak pudar. Itulah beberapa cara merawat mobil tua yang paling benar dan bisa Anda lakukan supaya mobil tua Anda bisa awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama dengan performa mesin dan penampilan mobil yang selalu terjaga sesuai yang Anda inginkan.


EmoticonEmoticon