Mungkin sudah bukan hal yang asing lagi bagi Anda bahwa pendidikan menjadi bagian yang sangat penting untuk diajarkan kepada buah hati sejak dini, fungsinya tak lain untuk meningkatkan kecerdasan otak mereka dan agar bisa berguna di kemudian hari untuk meraih cita-cita. Namun selain pendidikan formal seperti yang diterapkan di beberapa lembaga pendidikan, maka ada satu lagi jenis pendidikan yang agaknya tak kalah penting untuk ditanamkan dalam diri buah hati, diantaranya adalah pendidikan karakter. 


Mungkin banyak yang sudah sering mendengar istilah satu ini, namun jarang mengembangkannya, padahal ini termasuk bagian yang paling penting untuk membantu buah hati tumbuh dengan pribadi yang baik di tengah-tengah lingkungannya di kemudian hari. Mulai dari hal-hal yang berhubungan dengan pelatihan mental, pendidikan keagamaan dan juga etika mereka, dengan pendidikan karakter ini agaknya banyak sekali manfaat yang akan mereka dapatkan dikemudian hari, diantaranya adalah:

  • Bisa membantu anak-anak dalam menemukan karakter mereka dan memperbaikinya, setiap anak memang memiliki bawaan karakter masing-masing sejak kecil ada yang bagus, namun tak jarang juga yang memiliki karakter buruk, dengan pendidikan sedini mungkin orang tua dapat membantu mengembangkan dan merubahnya menjadi lebih baik.
  • Berguna sebagai sarana untuk memperkenalkan identitas mereka, pastinya bukan hal yang baru lagi bagi Anda dengan penyakit masyarakat yang mewabah belakangan ini layaknya LGBT, wanita yang berubah menjadi laki-laki atau sebaliknya, hal ini dikarenakan sedari kecil mereka tidak mengenal identitas aslinya, sehingga sedikit saja pengaruh dari pergaulan pada saat remaja dengan mudah akan membuatnya mengikuti pengaruh buruk tersebut.
  • Berguna sebagai pelatihan mental dan juga moral, faktanya mereka yang tidak mendapatkan pendidikan agama sedini mungkin meskipun mengaku memiliki paham agama yang dianut gampang sekali terpengaruh mental dan juga moralnya dengan aliran-aliran yang baru saat ini. Contohnya yang belakangan ini terjadi di dalam negeri adalah aliran Islam garis keras yang membuat mereka ingin berjihad dengan cara yang salah, yaitu menjadi teroris, tak lain karena pendidikan karakternya sejak dini kurang.
  • Dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan problem solving dalam diri setiap individu, pendidikan karakter ini juga berfungsi untuk membantu anak-anak berpikir dan bertindak menyelesaikan masalah yang dihadapi tersebut sendiri. baik itu masalah yang terjadi pada diri mereka atau lingkungan yang ada di sekitarnya.
  • Membantu anak-anak untuk lebih mudah bergaul dengan lingkungan sosial, manfaat tambahan yang juga bisa didapatkan adalah membantu buah hati dalam bergaul dengan lingkungan mereka sehingga tidak menjadi sosok yang individual.

Begitu banyak manfaat yang diberikan dengan memberikan pendidikan karakter untuk buah hati, sehingga jangan pernah melupakan edukasi satu ini.


EmoticonEmoticon