Bulan ramadhan merupakan bulan yang dihabiskan masyarakat untuk berpuasa jam sahur hingga berbuka puasa. Dan walaupun melakukan ibadah puasa, masyarakat juga bisa melakukan aktivitas normal seperti biasanya seperti kuliah, sekolah, bekerja, dan juga bahkan jalan-jalan. Ketika melakukan ibadah puasa juga bisa untuk melakukan wisata asalkan bijak dalam memilih kegiatan dan tempat yang akan dikunjungi. Misalnya saja beberapa tips yang bisa digunakan agar tetap bisa melakukan kegiatan wisata dengan menyenangkan selama ramadhan adalah berikut ini: 

  • Memilih wisata rohani

Ketika akan memilih berwisata ketika bulan puasa adalah dengan memilih wisata rohani. Ada banyak jenis wisata rohani yang bisa dipilih seperti mengunjungi masjid agar menambah pengetahuan mengenai tempat ibadah dan sejarahnya, dan juga berbagai wisata rohani lainnya. Keuntungan dari memilih wisata rohani adalah tidak perlu lagi untuk mencari tempat ibadah ketika datang waktunya beribadah. Sehingga dapat untuk memanfaatkan tempat tersebut sebagai tempat menjalankan ibadah. Oleh karena itulah dengan memilih tempat wisata rohani sebagai tempat wisata saat ramadhan akan membantu untuk tidak meninggalkan ibadah. Selain memilih tempat yang tepat, Anda juga harus menghindari tempat yang panas dan dapat membatalkan puasa yang dijalankan.

  • Tidak menghabiskan banyak energi

Walaupun tidak menghalangi untuk berkegiatan tetapi juga harus disadari bahwa ketika bulan ramadhan seseorang tidak boleh untuk makan dan minum untuk mengganti energi yang dikeluarkan hingga waktu buka puasa tiba. Oleh karena itulah Anda harus tepat untuk memilih kegiatan yang dilakukan ketika berwisata. Sehingga akan lebih baik untuk tidak membawa barang terlalu banyak sehingga menambah beban lebih berat yang harus dibawa dan juga memilih kegiatan yang tidak banyak mengeluarkan energi. Pilihlah kegiatan santai yang bisa dilakukan dan tidak mengeluarkan banyak tenaga agar tidak mengganggu jalannya Ibadah puasa yang dilakukan.

  • Menyantap hidangan sahur yang bergizi

Tips lainnya yang bisa dilakukan untuk dapat melakukan kegiatan wisata saat bulan ramadhan adalah dengan menyiapkan energi dengan baik sebelumnya. Sehingga ketika sahur yang harus dilakukan adalah dengan makan yang cukup dan juga menyantap makanan yang dapat memberikan asupan gizi dan energi untuk berwisata. Oleh karena itulah perhatikan makanan yang akan dipilih saat sahur dan pastikan untuk makan yang cukup.

  • Memilih waktu yang tepat

Dan tips terakhir untuk melakukan kegiatan berwisata yang menyenangkan adalah dengan memilih waktu wisata yang tepat. Pilihlah waktu yang tidak akan membuat Anda untuk membatalkan puasa seperti misalnya memilih waktu sore hari ketika mendekati buka puasa. Pilihlah waktu ngabuburit untuk melakukan wisata saat ramadhan selain itu juga bisa memilih wisata malam setelah tarawih sehingga akan lebih bebas dan tidak mengganggu jalannya puasa.


EmoticonEmoticon