Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa peran aki pada mobil menjadi komponen penting yang sangat berpengaruh pada kinerja mesin mobil. Apabila aki mobil soak tentunya mobil tidak akan bekerja dengan baik, hal ini dikarenakan aki memiliki peran yang sangat penting yang akan berpengaruh pada kinerja mobil. Oleh sebab itulah penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab aki sering kali tekor atau soak dan tata cara mengatasinya.

Sedangkan untuk penggunaan aki pada mobil dapat digunakan 1 hingga 2 tahun, namun tidak jarang pula diantara para pengguna mobil sering kali dikejutkan dengan aki yang tekor atau soak sebelum 1 maupun 2 tahun. Hal ini yang semacam ini pun juga sering kali dirasakan oleh para pemilik mobil. Akan tetapi Anda pun juga dapat merasakan hal ini, terlebih lagi jika Anda menggunakan jenis aki basah. Meskipun aki masih dalam keadaan baru namun hal ini pun tidak dapat dijadikan sebagai jaminan.

Jika Anda menggunakan aki basah dan ingin usia aki dapat bertahan lebih lama lagi, maka Anda pun haruslah rutin untuk melakukan perawatan secara berkala yang akan membantu diri Anda agar aki pada mobil dapat terjaga dengan baik dan tentunya perjalanan Anda tetap menyenangkan dan aman, karena mengingat bahwa untuk kondisi aki yang kurang baik akan menjadikan diri Anda merasa kurang nyaman saat bepergian menggunakan mobil, terlebih lagi jika bepergian jauh.

Faktor penyebab dari aki mobil yang tekor atau soak disebabkan karena beberapa hal, baik karena human error maupun karena adanya faktor kegagalan produk. Untuk mengetahui penyebab lebih detailnya, maka Anda dapat untuk mengikuti beberapa penyebabnya seperti ulasan berikut ini yang akan membantu diri Anda agar bisa mengantisipasi mobil Anda dari aki yang tekor atau soak. Berikut ini penyebabnya:

Lakukan Cara Ini Agar Aki Mobil Anda Tidak Soak


1. Intensitas penggunaan mobil tinggi.
Mobil yang sering kali digunakan dapat menjadikan performa aki basah mengalami penurunan. Sedangkan penggunaan aki yang intens, akan secara otomatis membuat air aki lebih cepat habis, untuk mengatasi kinerja aki yang berhenti secara mendadak, maka lakukan pemeriksaan secara rutin.

2. Mobil jarang digunakan.
Mobil yang hanya dipanasi maupun jarang digunakan justru akan menjadikan performa aki dan mesinnya tidak bagus, terlebih lagi hal ini pun juga dapat menyebabkan suplay kelistrikan pada aki tidak bekerja dengan optimal.

3. Ampere aki terlalu Kecil.
Ampere aki yang terlalu kecil juga dapat menjadikan aki mengalami kerusakan. Kebutuhan listrik dan juga kapasitas kelistrikan mobil yang sangat tinggi, maka akan membutuhkan aki dengan ampere besar.

4. Penambahan aksesoris mobil.
Penambahan aksesoris mobil misalnya seperti audio system, aksesoris elektronik non standar maupun yang lainnya juga akan mengurangi aki Anda.

Keempat penyebab kali yang sering kali tekor atau soak, maka Anda dapat untuk mengantisipasinya dengan tindakan yang benar dan tepat untuk melakukan cara agar aki pada mobil Anda tidak mengalami gangguan dan tidak menjadi tekor maupun soak. Karena peran dari aki sangat penting, maka hal inilah yang menjadikan diri Anda haruslah melakukan perawatannya secara tepat dan rutin.

Tanpa aki, maka mobil tidak dapat bekerja dengan optimal, oleh sebab itulah bagi Anda yang menginginkan aki mobil lebih hemat dan terhindarkan dari tekor, maka Anda harus melakukan perawatan dan pengecekannya secara rutin. jika Anda belum mengetahui tata cara pemeriksaannya, maka Anda dapat mengkonsultasikannya pada bengkel kepercayaan Anda.


EmoticonEmoticon