Rem cakram merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan penting pada kendaraan bermotor. Dengan adanya komponen ini, maka Anda bisa lebih tenang saat melajukan kendaraan bermotor Anda di jalanan. Rem cakram motor juga berfungsi untuk mengantisipasi keamanan apabila ada benda yang tiba-tiba jatuh atau muncul didepan Anda saat sedang berkendara. Ada dua jenis rem cakram yang terdapat pada kendaraan bermotor yaitu rem roda depan dan belakang. Biasanya masalah yang paling sering dihadapi oleh para pemilik kendaraan bermotor tentang komponen ini adalah rem cakram yang masuk angin atau blong saat digunakan. Jika keadaan ini tidak segera Anda atasi dengan baik, maka bisa membahayakan pengendara bermotor bahkan bisa berakibat fatal.


Penyebab utama rem cakram motor blong adalah adanya udara atau oksigen yang terjebak didalam sistem pengereman. Para ahli bengkel motor biasa menyebutnya dengan istilah masuk angin. Hal tersebut biasanya terjadi karena kebocoran oli rem dan pasca penggantian oli namun tidak cocok dengan rem cakram di motor Anda. Akan tetapi, sekarang Anda tidak perlu khawatir, di bawah ini akan kita bahas bagaimana cara mudah mengatasi rem cakram motor blong atau masuk angin yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Sebelum melakukan perbaikan rem cakram, Anda beberapa alat dan bahan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu, antara lain:

  • Oli rem yang biasa Anda gunakan atau sesuai standar motor.
  • Kunci ring ukuran 11 atau sesuai dengan ukuran baut nipel.
  • Selang untuk mengalirkan oli rem.
  • Wadah untuk menampung oli rem.

Setelah semua alat dan bahannya siap, Anda bisa langsung memulai langkah perbaikan rem cakram motor Anda, yaitu:

  • Tekan tuas rem dengan cara menggoyangkannya berulang-ulang sampai terasa ada sebuah tekanan. Kemudian, tahan posisi tuas tersebut.
  • Setelah itu, kendurkan cengkraman baut nipel dengan cara membukanya sebentar lalu tutup kembali, maka secara otomatis oli rem akan keluar melalui lubang baut nipel tersebut.
  • Jika aliran olinya pelan, maka itu berarti masih ada udara yang terjebak didalam. Akan tetapi, jika semprotan olinya deras itu tandanya sudah tidak ada udara yang terperangkap.
  • Kendurkan dan kencangkan baut nipel secara berulang-ulang sampai cairan oli yang keluar dapat mengalir deras, karena itu sebagai tanda rem cakram motor telah dapat berfungsi normal kembali.

Itulah cara mudah mengatasi rem cakram motor blong atau masuk angin yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah. Selama proses di atas dilakukan, Anda harus mengisi oli rem secara berkala ke bagian tabung reservoir master rem supaya oli rem didalamnya tidak sampai habis. Karena apabila cadangan rem didalam tabung tersebut habis, maka udara bisa dengan mudah masuk kembali.


EmoticonEmoticon