Sudah hampir 5 tahun belakangan ini pemerintah mulai mengenalkan sistem pembayaran listrik prabayar token melalui program listrik pintar. Jadi pada sistem ini seperti halnya pada pembelian pulsa handphone yang Anda gunakan, tanpa membeli daya terlebih dahulu tentu tidak bisa digunakan. Harga token listrik sendiri sudah beberapa kali mengalami kenaikan, entah karena apa juga belum dipastikan. Yang pasti bukan hanya karena PLN, harga itu sudah diatur oleh pemerintah dan telah disetujui oleh para anggotanya yang menjadi wakil dari masyarakat.


Dalam listrik prabayar 900 VA sendiri ternyata yang seharusnya dikhususkan oleh para masyarakat yang kurang mampu tetapi malah banyak masyarakat yang tergolong mampu memanfaatkan subsidi tersebut. Mungkin kenaikan adalah salah satu pengaruh dari kejadian itu, pemerintah akan lebih menertibkan mana yang seharusnya menerima listrik subsidi dan mana yang tidak. Alasan pemerintah sendiri mengganti dengan listrik prabayar salah satunya supaya masyarakat dapat mengontrol penggunaannya sendiri dan lebih dapat membantu menghemat energi listrik di negara ini. Dalam listrik prabayar banyak kelebihan yang bisa didapatkan oleh masyarakat antara lain:

1. Tidak menggunakan beban listrik bulanan ataupun minimal pemakaian.

Karena dalam sistem prabayar masyarakat diharuskan membayar didepan setelah itu baru dapat digunakan. Secara otomatis Anda akan lebih mudah mengatur pemakaian karena tidak ada beban bulanan ataupun biaya keterlambatan karena semua pengaturan ada di masing-masing masyarakat.

2. KWH meter sistem digital.

Dahulu petugas PLN harus mengecek dan mencatat satu persatu rumah warga untuk mengetahui berapa besar dari penggunaan masyarakat. Tetapi sekarang ini telah menggunakan sistem digital jadi lebih akurat dan tidak akan ada kesalahan dari petugas PLN.

3. Layanan pengisian pulsa lebih mudah.

Seperti yang telah dikatakan diatas kalau pemakaian itu tergantung dari masing-masing masyarakat seperti halnya pembelian pulsa token. Untuk harga token listrik sendiri bervariasi mulai dari 20 ribu sampai dengan 2 juta rupiah bisa ditentukan berdasarkan kemampuan ataupun penggunaan masing-masing rumah.

4. Privasi terjamin.

Karena menggunakan sistem digital jadi para petugas PLN tidak mungkin lagi melakukan pengecekan pada setiap kunjungan kerumah Anda. Jadi secara otomatis akan lebih terjamin privasi Anda.

5. Pemakaian lebih terkontrol.

Semua hal dapat Anda kontrol secara pribadi karena penggunaan daya dapat dilihat dari meteran yang ada. Sekiranya penggunaan sudah melebihi batas Anda dapat mengurangi suplay listrik pada beberapa barang yang membutuhkan daya. Secara tidak langsung itu juga membantu Anda untuk lebih menghemat penggunaan listrik.

6. Adanya indikator.

Sering sekali beberapa kabel listrik bermasalah tetapi penghuni rumah tidak mengetahui secara otomatis akan membuat kejadian seperti halnya kebakaran atau lainnya. Tetapi jika Anda memilih menggunakan listrik prabayar akan disertai indikator yang akan hidup dan memberikan peringatan saat terjadi kesalahan atau kabel listrik Anda bermasalah.

7. Adanya alarm.

Selain indikator ada juga alarm peringatan yang memberitahukan bahwa pengunaan daya listrik akan habis. Otomatis Anda harus mengisi ulang sebelum akhirnya listrik mati karena kehabisan, umumnya akan berbunyi jika menunjukkan nilai 10 kwh.

Itulah beberapa hal yang menjadi alasan kenapa listrik prabayar lebih banyak disarankan oleh pemerintah. Secara garis besar memang lebih dapat membantu penghematan penggunaan daya pada warga Indonesia. Untuk harga token listrik sendiri bisa Anda dapatkan melalui pembelian pada toko online ataupun offline, jadi akan lebih memudahkan.


EmoticonEmoticon