Mencari tempat yang jual spare part mobil tentunya bisa berkunjung ke dua jenis tempat, yakni bengkel resmi atau toko khusus spare part mobil. Kita tentu tidak kesulitan menemukan bengkel resmi sesuai dengan merk kendaraan yang Kita miliki. Sebab hampir semua vendor mobil di Indonesia sebelum membuka dealer pembelian pastinya ikut pula membangun bengkelnya. Tujuannya tentu saja menyediakan layanan purna jual yang maksimal supaya kebutuhan service rutin dan perbaikan tertentu lebih mudah.
 

Alternatif lain dalam membeli spare part mobil adalah berkunjung ke toko yang khusus menjual spare part. Toko spare part ini biasanya menawarkan aneka jenis spare part dari beragam merk, sehingga bisa dikatakan menawarkan produk yang beraneka ragam. Kadang kala toko tersebut juga menyediakan produk KW atau non original, sehingga pemilik mobil bisa lebih hemat mengingat harga yang lebih murah. Akan tetapi baiknya tidak dijadikan kebiasaan, sebab sebagus-bagusnya spare part KW tentu seribu kali lebih bagus yang original. 

Membeli dan menggunakan spare part asli sesuai dengan standar pabrikan mobil tentunya menjadi pilihan terbaik. Sebab nantinya akan memberikan keuntungan berlimpah, beberapa diantaranya adalah:

  • Mencegah kerusakan beruntun,

Menggunakan spare part yang bukan standar pabrikan mobil memang menawarkan opsi lebih murah. Akan tetapi kualitasnya tentu bisa jadi kurang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil tersebut. Alhasil banyak pemilik mobil yang mengeluhkan kerusakan beruntun, dan lebih parah jika pemasangannya keliru. 

  • Membantu menjaga mesin tetap awet, 

Dianjurkan untuk selalu berkunjung ke toko atau bengkel jual spare part mobil asli sebab nantinya membuat mesin lebih awet. Spare part sesuai standar mesin mobil akan membantu merawat mobil tersebut secara maksimal. Sehingga boleh dikatakan untuk membelinya memang perlu membayar lebih mahal namun selanjutnya lebih tenang. Pasalnya kemungkinan masuk ke bengkel lebih kecil asalkan dipakai dengan benar dan diperhatikan tempo penggantian spare part selanjutnya. 

  • Mencegah terjadinya kerusakan yang lebih fatal, 

Spare part yang bukan asli pabrik biasanya memiliki beberapa perbedaan dan tidak menutup kemungkinan kurang presisi. Beberapa mekanik mau tidak mau harus melakukan perubahan pengaturan mesin. Ketika dilakukan memang awalnya mesin mobil bekerja sebagaimana mestinya, namun perlahan performanya turun. Ketika hal ini terjadi nantinya akan memicu kerusakan fatal dan merembet ke komponen spare part lainnya. 

  • Proses pemasangan yang lebih cepat, 

Memasang spare part selain produksi pabrikan mobil tentunya tidak semudah memasang spare part asli. Pasalnya ada perbedaan dari ukuran, bentuk, dan sebagainya meski hanya sepersekian millimeter saja sudah terasa bedanya. Perubahan setting mesin pun akhirnya dilakukan dan kadang kala akan memakan waktu lebih lama. Bisa jadi harga spare part KW-nya murah namun biaya jasa pemasangannya lumayan mahal. Jika ingin menghemat waktu saat masuk ke bengkel pastikan memilih spare part asli. 

  • Usia spare part yang lebih panjang, 

Spare part sebagus apapun nantinya perlu diganti secara berkala sehingga keputusan membeli mobil baiknya paham pengaturan jadwal service. Baca betul-betul buku panduan service supaya memberikan perawatan maksimal pada mobil tersebut. Supaya lebih efisien dan hemat baiknya selalu menggunakan spare part original yang usianya lebih lama. Kita tidak perlu menggantinya kembali selang beberapa minggu usai penggantian pertama dilakukan. Tidak perlu keluar banyak uang dan dipastikan merasa aman dengan transaksi jual spare part mobil yang original tersebut. 


EmoticonEmoticon