Mobil memang sudah jadi benda yang amat diperlukan di dunia yang kian modern ini. Mobil pun memang menjadi salah satunya dimana kendaraan ini begitu sangat disukai oleh masyarakat. Alasannya tentu saja karena kenyamanan yang diberikan oleh mobil pada para penumpangnya dimana tak usah sibuk kepanasan dan kehujanan. Dengan demikian maka jangan heran jika kini pengendara mobil kian lama kian banyak saja di jalanan.

Para pemilik mobil tentu saja tak hanya harus mampu mengendarai mobil semata, melainkan juga harus tahu perawatannya. Jika Anda sudah rutin merawat mobil dengan membawanya servis berkala di bengkel, maka ini sudah jadi kebiasaan yang amat baik. Namun jangan lupa juga ada bagian penting yang tentunya harus terus dicek yakni ban. Ya, ban ini punya fungsi yang amat vital dalam hal berkendara sehingga pastinya perawatannya pun khusus.

Tentu Anda penasaran dengan cara perawatan ban mobil bukan? Berikut ini beberapa tips spesial dari infokendaraan.net untuk Anda:

Ternyata Cara Rawat Ban Mobil Sangat Mudah dengan Tips Berikut Ini


1. Selalu periksa tekanan angin

Untuk tips yang pertama ini sangat mudah dilakukan dan juga sudah sangat banyak diketahui yakni dengan selalu memeriksa tekanan angin. Tips pertama ini bukan hanya untuk Anda yang akan bepergian jauh saja melainkan juga untuk Anda yang akan bepergian di jarak dekat. Alasannya adalah karena tekanan angin pada ban ini begitu penting fungsinya. Mobil akan tetap aman dan ban juga tak akan mudah rusak jika tekanan tepat. Namun beda jika tekanan anginnya kurang dimana akan mengakibatkan pemborosan pada penggunaan dari BBM. Namun jika tekanan di ban terlalu keras, maka jangan heran jika ban mobil akan cepat rusak. Tentu Anda tak mau ini terjadi bukan?

2. Ban yang sesuai dengan standar

Saat ini ada beragam sekali jenis mobil. Ada mobil keluarga, city car dan lain sebagainya. Dengan banyaknya jenis mobil ini pun akan mempengaruhi pada jenis ban yang digunakan. Setiap jenis mobil punya standar ban yang berbeda-beda. Agar Anda pas dalam memilih bannya, maka harusnya ban disesuaikan dengan jenis mobilnya dulu sehingga bisa tepat pemilihannya.

3. Rotasi ban mobil

Rotasi ban mobil ini dilakukan sehingga mobil bisa selalu awet dan tahan lama. Cara mudahnya adalah dengan merotasi ban dimana peletakan bannya ditukar di posisi lain secara berkala. Ban depan yang kerap terkena gesekan dari rem akan mudah gundul sehingga jika terus menerus diletakkan di depan maka akan cepat sekali rusak. Jadi rotasi ban itu penting.

Itulah tips untuk bisa jaga ban Anda tetap awet dan tahan lama. Untuk bisa mendapat ban yang tahan lama, hal ini juga bergantung pada pemilihan sejak awalnya.


EmoticonEmoticon