Untuk membatasi daerah yang satu dengan yang lainnya biasanya menggunakan pagar yang tidak hanya bisa dibuat dari batu, kayu namun juga bisa terbuat dari kawat misalnya kawat harmonika. Di kota besar seperti di Jakarta, kawat harmonika jakarta ini bisa menjadi solusi yang tepat karena aman, fleksibel, ekonomis, ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, kuat serta instalasi yang mudah.

Kawat harmonika selain digunakan sebagai pagar tambahan di sekeliling rumah juga bisa digunakan di lapangan misalnya lapangan basket. Kawat harmonika sendiri merupakan kawat yang di anyam sehingga memiliki lubang segi empat. Jenis kawat ini ada yang dilapisi dengan PCV dan ada yang dilapisi dengan galvanis. Kawat harmonika yang dilapisi dengan galvanis bisa tahan lama karena tahan terhadap karat. Begitu juga dengan yang dilapisi PVC. Selain kuat dan tahan karat, pipa ini tahan panas sehingga cocok untuk diletakkan di luar ruangan. Walaupun keduanya tahan lama serta memiliki ketahanan terhadap korosi atau karat, namun harga kawat harmonika yang dilapisi dengan PVC memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis kawat harmonika yang memiliki lapisan galvanis.

Harga dari kawat harmonika bervariasi. Ada yang harganya ratusan ribu rupiah bahkan ada yang jutaan rupiah. Harga tersebut dipengaruhi oleh kualitas, ukuran dan juga bahan yang digunakan. Sebelum membuat kawat harmonika misalnya akan digunakan untuk membuat lapangan basket, maka Anda harus melakukan perhitungan terlebih dahulu untuk menentukan berapa banyak kawat harmonika yang dibutuhkan dan uang yang dikeluarkan. Untuk instalasi sendiri, bisa dilakukan sendiri atau dengan menggunakan jasa pemasangan kawat harmonika yang terpercaya. Pastikan jika Anda menggunakan jasa pemasangan dengan fasilitas jasa yang sesuai dengan harganya sehingga hal tersebut tidak merugikan Anda.

Misalnya A memesan kawat harmonika di pabrik untuk membuat lapangan basket dengan tebal diameter besi 2,7 mm yang dilapisi dengan galvanis, spasi kotak 50x50 dan dengan tinggi 2 meter serta panjang atau lebar 50 meter. A mendapatkan harga kawat harmonika tersebut dari pabrik dengan harga Rp 60.000 per meter perseginya. Berapa yang harus dibayarkan oleh A?

Baca juga Harga Kawat Bronjong dari Kawat.co.id

Sebelumnya, ada tahapan untuk menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan A untuk kawat harmonika Jakarta yang dipesan di pabrik tersebut. Tahapan itu yaitu:

Cara Menghitung Kebutuhan Kawat Harmonika Jakarta


Cari tahu terlebih dahulu berapa luas dari tempat tersebut. L= P x L = 2 x 50 meter = 100 m2.
Setelah itu, luas lapangan dikali dengan harga per meter kawat harmonika yang diberikan oleh pabrik yaitu Rp 60.000 x 100 = Rp 6 juta. Sehingga, jumlah total yang harus dikeluarkan oleh A untuk membayar kawat harmonika tersebut adalah sebesar Rp 6 juta.


EmoticonEmoticon